Adinda, dan ceritanya...

ocehan yang tak terungkap meLaLui makna bicara yang sesungguhnya :)

baLada si hitam mungiL


“barusan aja yang pake keLuar mbak, cowok……………..”
astaghfiruLLahadzim…
“maaf ya mbak..”
mau gimana Lagi, saya yang teLedor koq mbak. Makasih yaa..
“iya deh”


Petikan dialog itu bukan naskah film pendek atau cerpen karya saya. Tapi itu adalah buah dari apa yang dinamakan teledor, ceroboh, pelupa, yang seolah sudah mendarah daging dalam jiwa saya. Yeaa..flash disk yang sudah menemani saya selama 2 tahun terakhir ini harus saya relakan berada di tangan orang lain yang bahkan wajahnya pun saya tidak tahu.

Jadi ceritanya siang itu saya mendampingi adik adik yang bersemangat di organ tempat saya mengabdi dalam rangka membantu mahasiswa baru mendaftar ulang di kampus tercinta. Saat tiba istirahat untuk sholat jumat, saya berdiam diri di posko dan mengantuk. Entah dari mana tiba-tiba ghiroh yang saya tunggu selama ini untuk menyentuh kembali skripsi saya muncul meluap luap di tengah keramaian di sekitar saya. Tanpa menunda-nunda saya langsung meluncur ke warnet –believe it or not, saya baru pertama kali memakai warnet ini selama empat tahun saya di jember- lalu saya memutuskan untuk menggunakan paket dua jam. Dalam hati saya menimbang, ”ah, nanti slese masih jam dua kurang, masih cukup waktu buat solat dhuhur.” Dan meluncurlah jari jemari, mata, dan seluruh pikiran saya di dunia maya tanpa batas itu.

Ide-ide dan artikel-artikel untuk menunjang skripshit satu persatu tampak di layar untuk kemudian mulai saya unduh, ditambah beberapa hiburan karya composer musik Indonesia turut menjejali chip kecil di dalam flash disk tercinta. Begitu saja hingga tak terasa waktu dua jam hampir usai, dan salah satu bahan berformat pdf yang saya peroleh belum slese waktu downloadnya. Singkat kata saya menambah waktu sekitar 15 menit untuk menuntaskannya. Tanpa merasa ada yang tertinggal saya melenggang keluar bilik untuk membayar lalu pulang.

Sampai di kamar kost, saya langsung mengganti pakaian, lalu mengambil air wudhu dan solat dhuhur, padahal waktu sudah menunjuk pukul setengah tiga yang sudah mendekati ashar. Dasar saya berprinsip lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, tanpa ada sedikitpun rasa bersalah, saya tunaikan solat dhuhur dengan kekhusukan maksimal yang saya mampu lakukan. Setelah sholat, saya menyalakan komputer dengan niat melanjutkan skripshit yang tertunda beberapa saat. Tangan dan mata saya mulai gelisah ketika mengobok-obok tas dan tidak menemukan si hitam kecil yang berisi ‘harta karun intelektual’ itu…hingga akhirnya saya membalik tas, dan keluarlah semua ‘aksesoris kehidupan’ saya dari dalamnya, dan saya tetap tidak menemukannya. Serasa mencelos hati saya lalu buru buru memakai kembali ‘pakaian untuk keluar’ sambil misuh misuh mengutuki diri sendiri dan meluncur dengan kecepatan maksimal ke warnet tadi, dan itulah sepenggal dialog diatas yang terjadi. Huft.

Ya. Flash disk saya hilang diambil orang. Langkah saya saat keluar tidak secepat ketika memasuki warnet tersebut dan berpikir macam-macam dalam perjalanan pulang ke kost. Semoga foto-foto manis saya yang ada di dalamnya tidak disalahgunakan oleh orang ‘beruntung’ yang menemukannya. Sempat terlintas dalam pikiran saya, inilah sedikit ‘colekan’ dari Sang Maha untuk meminta saya mere-thinking kesalahan-kesalahan kecil yang saya lakukan tanpa sadar dan saya yakini itu sebagai benar. Oh, Allah….sungguh rahasiamu bagaimana mengingatkan hambamu yang lalai. Bagaimanapun, saya tetap bersyukur karena hanya flashdisk yang tertinggal dan hilang, bukan dompet atau hape. Alhamdulilah ya Rabb, di tengah cobaan dariMu, Kau masih menyisakan sedikit untuk hambaMu ini manfaatkan dan mengambil pelajaran. Yahh, akhirnya semoga cepat diberi rejeki untuk membeli flashdisk yang baru, dan semoga rintangan kecil ini tidak menjadi kambing hitam atas semakin melambatnya kelulusan saya dari universitas tercinta ini…..

Love, Dind

0 comments:

impian saya adaLah

impian saya adaLah
...menyusurinya...

...mendaki puncaknya...

...memandang gedung parLemen ini dengan mata saya...

...menjadi saLah satu manusia yang bisa menyentuhnya...

# bercengkrama #

# sociaLize #

Adind Nda

Create Your Badge